Simple of Me

Biarlah anjing berlalu Kafilah bergonggong

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Kamis, 18 Desember 2008

Mengenal Open Source

Diposting oleh fat_cagtuz

Ada baiknya sebelum melangkah sedikit lebih jauh, kita pahami dan resapi dulu arti open source itu sendiri.

Open source merupakan sistem baru dalam mendistribusikan software kepada pengguna dengan memberikan program dan source code-nya secara gratis dan user dapat memodifikasi software tersebut sesuai keinginan mereka.

Kriteria open source tidak berarti memberikan source code kepada user saja, diantaranya open source juga diberikan secara cuma – cuma, program – programnya harus include source code-nya dan membolehkan distribusi dari source code seperti bentuk compilenya, lisensinya membolehkan modifikasi dan derive works, tidak ada diskriminasi terhadap kelompok atau perorangan, dll

(sumber http://opensource.org/docs/osd)

Beberapa contoh dari sistem operasi Open sorce, diantaranya:

1. Linux

Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, source code Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun.

OS satu ini menjadi alternatif bagi OS dari windows.Dapat dilihar dari pemanfaatan secara bisnis oleh pihak – pihak tertentu seperti penerbitan buku – buku tentang OS satu ini sampai pelatihan – pelatihan. Bahkan GOOGLE pun menggunakan OS ini sebagai web servernya.


Nama "Linux" berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang dibuat tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

(sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Linux)


2. Opensolaris

Diciptakan oleh sun microsystems untuk membangun komunitas developer disekitar solaris technology. Ditujukan kepada developers, system administrators dan user yang ingin mengembangkan dan meningkatkan OS.
OpenSolaris berasal dari Unix System V Release 4 codebase, dan mengalami modifikasi yang signifikan oleh Sun.


(sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/OpenSolaris)


3. BSD Family

Yang terdiri dari FreeBSD, NetBSD dan OpenBSD yang perbedaan diantara ketiganya adalah
a. NetBSD


dikembangkan untuk mencapai portabilitas tinggi, saat ini mendukung lebih dari 58 platform: acorn26, acorn32, algor, alpha, amd64, amiga, amigappc, arc, arm32, atari, bebox, cats, cesfic, cobalt, dreamcast, evbarm, evbmips, evbppc, evbsh3, evbsh5, ews4800mips, hp300, hp700, hpcarm, hpcmips, hpcsh, i386, ia64, ibmnws, iyonix, landisk, luna68k, mac68k, macppc, mipsco, mmeye, mvme68k, mvmeppc, netwinder, news68k, newsmips, next68k, ofppc, pc532, playstation2, pmax, pmppc, prep, sandpoint, sbmips, sgimips, shark, sparc, sparc64, sun2, sun3, vax, x68k, x86_64, xen dan zaurus (CPU: ARM, Alpha, HPPA, MIPS, M68k, PowerPC, SH3, SH5, NS32k, SPARC, VAX, i386 dan x86_64) kebanyakan kita cuma kenal platform i386, paling banter apple Mac

b. OpenBSD
> menekankan pada segi keamanan, bahkan bisa diperhitungkan sebagai salah satu OS yang paling 'secure' saat ini.

c. FreeBSD

dengan goal performance, saat ini hanya tersedia untuk platform: Intel, Alpha, MIPS, ARM, Sparc, PowerPC dan XBOX, namun memiliki koleksi (port) aplikasi yang paling lengkap diantara ketiganya, bahkan dengan dominasi CPU Intel, secara de-facto FreeBSD adalah yang paling populer karena memiliki komunitas terbanyak.

(sumber: http://opensource.telkomspeedy.com/forum/viewtopic.php?id=4408)


4. ReactOS
Merupakan OS yang dirancang mirip windows. Ditujukan untuk mengurangi dominasi windows. Dibuat berdasarkan enginw core NT.4. ReactOS bukan tiruan dari Windows. ReactOS adalah sistemoperasi yang compatibel dengan aplikasi dan driver Microsoft Windows. Beberapa program yang berjalan di OS ini diantaranya, Microsoft Office 2003, Mozilla Browser, mIRC, Adobe Photoshop, Visual Basic, WinRAR, Games Solitaire, Doom, Tycoon dll.

Juga terdapat Forum Resmi untuk mengetahui dan berdiskusi tentang ReactOS. Dan juga blog dari ReactOS yang dapat anda kunjungi disini.


Saat ini ReactOS baru mencapai rilis 0.3.1 (alfa). Seri rilis 0.4 mendatang masih tetap dalam tahap alfa, dan seri rilis 0.5 akan ditandai sebagai beta, yang berarti cukup untuk digunakan sehari-hari. Harap diingat bahwa ReactOS 0.3.1 masih dalam tahapalpha, berarti bukan fitur lengkap dan tidak direkomendasikan untuk digunakan sehari-hari.

(sumber: http://gundala.web.id/2008/03/18/reactos-os-open-source-mirip-microsoft.html)


Selanjutnya, kita intip tentang Poss dari beberapa universitas – universitas di Indonesia tercinta ini.
1. POSS ITS

Latar Belakang

Sebagai salah satu institusi pendidikan yang bergerak di bidang teknologi, ITS mau tidak mau harus mengakomodasi dua 'aliran' yang pengembangan software. Dua aliran yang terus menerus bersaing tersebut adalah aliran copyright dan copyleft. Dengan kekuatan, aliran copyright berusaha mengunggulkan produk-produknya. Sebaliknya, aliran copyleft terkesan tidak ada yang mempromosikannya.

Padahal banyak produk-produk aliran copyleft alias OSS yang tidak kalah kualitasnya. Pada sisi lain, Indonesia sedang berupaya menegakkan HAKI. Upaya tersebut terasa sulit karena masyarakat kita sudah lama terbutakan dan terbius oleh software bajakan. Untuk itu upaya pemasyarakatan produk-produk OSS perlu digiatkan.

Apa itu POSS - ITS ??

Kebijakan program Indonesia Go Open Source (IGOS) bertujuan meningkatkan akselerasi pendayagunaan Open Source Software (OSS) dan memperkuat upaya infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Untuk itu ITS mendirikan pusat kegiatan yang berhubungan dengan OSS di kota Surabaya khususnya bagi komunitas Open Source di ITS dengan nama : POSS-ITS "Pemberdayagunaan Open Source Software – ITS".


(sumber: http://poss.its.ac.id/)


2. POSS ITB

POSS-ITB adalah salah satu Pusat Pendayagunaan Open Source Software yang tergabung dalam POSS-Network yang didirikan oleh ITB.


Tujuan:

1. Menyediakan OSS dengan kinerja yang memadai dari sisi kualitas dan fungsi melalui pembangunan, penyesuaian (pengembangan), dan pengujian (bekerjasama dengan komunitas OSS)

2. Sosialisasi OSS dan Menyediakan layanan bagi masyarakat, agar dapat menggunakan dan memanfaatkan OSS sesuai dengan peruntukannya sekaligus meningkatkan kompetensi dalam hal OSS

3. Membantu / Mendukung POSS lainnya melalui POSS Network untuk meningkatkan tingkat keberhasilan dan efisiensi implementasi Visi dan Misi bersama


Lingkup Kegiatan:

1. Pendaya-gunaan OSS.
a. Pengembangan maupun penyesuaian OSS
b. Hubungan kerjasama pengembangan OSS
c. Pengembangan
d. Pengujian (fungsi, kualitas, dan sebagainya)
2. Pemberdayaan Pengguna OSS.
a. Call Center / Help Desk
b. Repository OSS tersertifikasi
c. Training dan Sertifikasi
d. Sosialisasi OSS
3. Koordinasi POSS Network untuk dapat melakukan pertukaran, replikasi, dan sharing pengetahuan maupun pengalaman.
4. Koordinasi dengan vendor.

(sumber: http://poss.itb.ac.id/?q=about-POSS)

3. POSS IPB

Sekilas POSS IPB

Pada tanggal 7 Pebruari 2007 yang lalu telah dilaksanakan suatu pertemuan yang membahas tentang pembentukan Jaringan Pendayagunaan Open Sourse Software (POSS Network) di Institut Teknologi Bandung (ITB). Jaringan yang diprakarsai oleh ITB ini bertujuan melakukan pertukaran, replikasi, maupun berbagi pengetahuan, pengalaman, bahkan "tools" untuk lebih mengefektifkan operasi POSS. Setiap POSS beroperasi secara mandiri, sesuai dengan kondisi dan kebijakan lokal, tanpa ada interfensi dari POSS lain.

Ruang lingkup POSS Network ini antara lain yang telah disepakati adalah (1) pertukaran maupun berbagi pengetahuan dan pengalaman, (2) pengembangan maupun penyesuaian OSS secara bersama, (3) pengembangan sistem pengujian OSS serta program pelatihan OSS, (4) replikasi OSS untuk disebar luaskan ke masyarakat umum, dan (5) pembangunan repository yang terpadu.

Untuk mengisi dan mendukung POSS Network ini, Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai salah satu anggota melakukan berbagai kegiatan sesuai visi POSS Network, yaitu secara bersama membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penelitian dan pengabdian dalam bidang OSS, sehingga masyarakat dapat mendayagunakan computer yang legal, khususnya perangkat lunak (be Legal) dengan jangkauan wilayah yang lebih luas, serta lingkup spesialisasi pendayagunaan OSS yang beragam.

Visi

Secara bersama, membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui penelitian dan pengabdian dalam bidang OSS, sehingga masyarakat dapat mendayagunakan komputer yang legal, khususnya perangkat lunak (BE LEGAL ) dengan jangkauan wilayah yang lebih luas, serta lingkup spesialisasi pendayagunaan OSS yang beragam.

Misi
Saling memperkuat sesama POSS agar dapat berperan dalam mendayagunaan OSS dan memberdayaan masyarakat.

Tujuan

Melakukan pertukaran, replikasi, maupun berbagi pengetahuan, pengalaman, bahkan 'tools' untuk lebih mengefektifkan operasi POSS; dan setiap POSS beroperasi secara mandiri, sesuai dengan kondisi dan kebijakan lokal, tanpa ada intervensi dari POSS lain.

Lingkup Kegiatan

Pertukaran maupun berbagi pengetahuan dan pengalaman; Pengembangan maupun penyesuaian OSS secara bersama
Pengembangan sistem pengujian OSS serta program pelatihan OSS; Replikasi OSS untuk disebar luaskan ke masyarakat umum; dan Pembangunan REPOSITORY yang terpadu.

Sekretariat

Kampus IPB Baranangsiang

Email : poss@ipb.ac.id
Telp: 0251-9350989 (Esia) | 0251-7156369 (Flexi)

(sumber: http://poss.ipb.ac.id/?q=node/1)


4. POSS UNMUL

Pusat Pendayagunaan Open Source Software (POSS) merupakan divisi dalam ICT Center Unmul yang bertujuan untuk mempercepat pendayagunaan OSS di lingkungan internal kampus serta masyarakat pengguna akhir (end user) lainnya di luar kampus, baik dari kalangan pendidikan, pebisnis, birokrat serta berbagai profesi lainnya. Adapun lingkup kegiatan divisi meliputi antara lain :

1. Pemasyarakatan OSS,

2. Pelatihan OSS, dan

3. Dukungan penggunaan OSS.


Visi:
Membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui penggunaan perangkat komputer (khususnya perangkat lunak komputer) yang legal.


Misi:
Membantu masyarakat untuk dapat lebih memanfaatkan perangkat komputer dengan menggunakan OSS sebaik dan semudah mungkin, melalui:

1. Pendayagunaan OSS sesuai dengan kebutuhan,
2. Sosialisasi OSS, dan
3. Pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan apresiasi, peningkatan pengetahuan dan keterampilan


POSS Unmul merupakan salah satu anggota dalam Jaringan Pendayagunaan OSS di Indonesia yang disebut POSS Network. Sampai saat ini POSS Network sudah beranggotakan 18 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dengan ITB sebagai peguruan tinggi inisiator.

(sumber: http://poss.unmul.ac.id/?q=node/1)


5. POSS UI

Tentang POSS UI

Program POSS (Pendayagunaan Open Source Software) adalah program bersama yang dicanangkan oleh pemerintah (Kementrian Riset dan Teknologi). Program ini bersinergi dengan beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta diseluruh Indonesia, serta unsur-unsur komunitas yang memiliki arah dan tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan awareness, daya saing IT dan aplikasinya, serta penetrasi penggunaan software F/OSS bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Dari sisi legal dan ruang lingkup organisasi Universitas indonesia, POSS-UI adalah sebuah organisasi yang didirikan berdasarkan SK No. xxx/xxx/xxx Direktorat Kemitraan dan Inkubator Bisnis, sebagai sebuah inkubator bisnis yang bersifat independen dan berwawasan BAWB (Business as an Agent of World Benefit).

Berikut ini adalah 4 pilar utama yang dicanangkan oleh POSS UI:
1. Pengembangan produk

Repository Distribusi Linux (Ubuntu, PCLinuxOS, OpenSUSE, Fedora, etc)

Pengembangan Kambing dan Juragan Kambing.

Aplikasi lainnya seperti Geographic Information System berbasis Java

Aplikasi modul pada NGN, dll.


2. Pusat pelayanan dan konsultasi Open Source

Layanan online berupa website ini (http://poss.ui.ac.id)

Layanan offline (Community Access Point) berupa Sekertariat POSS-UI yang berfungsi untuk melayani kebutuhan end-user dalam penggunaan Open Source Software


3. Pusat repository content berbasis Open Source

Wadah pengembangan konten yang terbuka bagi komunitas-komunitas Open Source untuk meletakkan project-nya pada subversion POSS-UI


4. Pusat pelatihan dan pemasyarakatan Open Source

Center of Information Society Learning (CISEL)

Pelatihan rutin maupun seminar/workshop yang bekerjasama dengan komunitas Open Source internal maupun external kampus UI

(Sumber: http://poss.ui.ac.id/tentang-poss/)

0 komentar: