Simple of Me

Biarlah anjing berlalu Kafilah bergonggong

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Kamis, 18 Desember 2008

Akankah Sang Rubah Terkalahkan??

Diposting oleh fat_cagtuz

Sedikit tentang sejarah browser ini

Kenapa Google meluncurkan browsernya ini? Sebab mereka percaya, bahwa mereka dapat menambahkan nilai untuk para pemakai internet dan, pada waktu yang sama, mereka memberikan inovasi pada web browser.

Berawal dari para para ahli yang ada di google sering meluangkan waktu mereka untuk berbincang, e-mail dan saling berhubungan dengan para teman-teman sering menggunakan internet, mereka mulai serius berpikir untuk membuat sebuah browser dan membangun semua unsur-unsur terbaik di sana.
Browser yang bukan cuma browser, melainkan juga suatu platform modern untuk halaman web dan aplikasi. Google juga menyediakan komik Scott McCloud yang menjelaskan interpretasi dari Google Chrome (Baca buku dalam bahasa Inggris).



Pengalaman menggunakan dan google chrome dibandingkan browser lainnya

Saat pertama kali mengunakan browser ini, saya melihat sesuatu yang sedikit "berbeda". Ya, tidak adanya title bar dan menu bar yang biasa kita lihat pada browser lainnya. Dan skin warna biru pada browser ini, kenapa biru, padahal jelas-jelas browser ini bernamakan Google Chrome? Yah mungkin menyesuaikan dengan google yang dominan dengan warna biru.



Di lain hal, versi Beta ini telah dilengkapi beberapa macam bahasa, dan salah satunya Bahasa Indonesia. Tapi jika tidak terbiasa dengan Bahasa Indonesia pada browser ini, kita dapat menggantinya dengan bahasa yang lain.

Pada halaman depan chrome menampilkan most visited pages. Jika kita ingin mencari sesuatu pada pencarian web, tinggal ketikkan kata atau sesuatu yang ingin kita cari dan akan tertampilkan halaman pencarian pada google, tidak perlu masuk lagi ke google. Tambahan fitur incognito yang membuat browsing kita lebih aman dengan tidak menampilkan browser history atau search history, dan juga tidak meninggalkan jejak seperti cookies saat kita menutup window incognito.


Penggunaan resource yang tidak sebesar browser lainnya (walaupun akan menjadi cukup besar jika kita membuka banyak tab) juga nilai lebih dibandingkan browser lain, terutama si rubah api yang memakan banyak resource. Untuk speed, dari hasil membuka situs terasa lebih cepat. Hasil benchmark Java Script dari CNet.


Sayangnya browser ini belum support selain os windows dan tidak adanya download speed saat kita mendownload juga nilai minus untuk browser ini. Browser ini memang masih beta. Jadi tentu saja banyak kekurangan yang perlu di tambal.

Nilai lebih buat google chrome

1. Tampilan yang simple tapi menarik. Browser ini bahkan tidak punya title bar.



2. Punya task manager sendiri. Fitur baru yang sangat berguna.



3. Tab dinamis pada Google chrome dapat di drag untuk membuat jendela baru, mengumpulkan beberapa tab dalam satu jendela, atau mengatur tab sesuai keinginan dengan cepat dan mudah.

4. Fitur most fisited sites seperti opera yan menampilkan beberapa halaman paling sering kita kunjungi dan menampilkan latest bookmark dan latest search.

5. Incognito window yang menjaga privasi kita dengan tidak menampilkan browser history atau search history, dan juga tidak meninggalkan jejak seperti cookies saat kita menutup window incognito.

6. Google chrome akan memberikan peringatan bila kita mengunjungi situs Web phishing, malware, atau yang dianggap tidak aman.

Saya tambahkan sedikit, ada sesuatu yang menggelitik kita, perhatikan gambar di bawah:



Ex:

1. Utak - atik dikit --> dikit
2. Di balik terpal --> ???

Namanya juga masih beta, jadi maklum kalau masih ada kekurangan, terutama dalam bahasa. Semoga google cepat membenahi salah satu kekurangannya, kalau tidak, bisa - bisa orang indonesia pun bakal pakai bahasa inggris.


Referensi:

http://kecebongsoft.wordpress.com/2008/09/03/review-google-chrome/#blogkonten8>

http://triyan.web.id/google-chrome-review/


http://news.cnet.com/8301-1001_3-10030888-92.html

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Baru denger ada browser google chrome ini.
Kayaknya kalo aq baca blogmu ndi, aq bakalan gak gaptek lagi. hehe.
Thx infonya ya ndi.
Tp msh rada gak mudeng nih, ntar kalo qta ktemu kmu jelasin lg ttg ini k aq (maklum, otak hukum gak sama dgn otak SI).

P.S.
Khusus utk hal terakhir yg kmu singgung ttg google chrome ini, cukup bikin aq ketawa ngakak selama beberapa detik ;D