Simple of Me

Biarlah anjing berlalu Kafilah bergonggong

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Kamis, 18 Desember 2008

Sistem Informasi???

Diposting oleh fat_cagtuz

Seiring dengan berkembangnya informasi dan teknologi di Indonesia, kita tentu mengetahui bahwa bidang yang saat ini banyak diminati adalah perkomputeran. Ternyata, bidang computer (computing) tersebut punya bermacam-macam jurusan. Mulai dari Teknik Informatika yang begitu populer dewasa ini, sampai Sistem Informasi yang biasanya orang kurang mengerti dan masih cukup awam. Karena judul posting ini adalah perbedaan system informasi dengan jurusan komputer lain, maka sebelumnya akan saya sedikit jelaskan lebih dalam apa itu Sistem informasi.

Sistem Informasi adalah salah satu disiplin ilmu yang baru muncul beberapa dekade terakhir ini (mulai sekitar tahun 80-an).

Sejalan dengan perkembangan Teknologi Informasi, sistem informasi turut tumbuh dan berkembang secara bersamaan dan saling melengkapi. Secara umum, "frase" Teknologi Informasi mengarah kepada hal teknis yang berkaitan dengan informasi, seperti media-media dan protokol-protokol penyampaian informasi. Sedangkan Sistem Informasi sendiri adalah suatu mekanisme pengolahan data dan fakta menjadi informasi yang bermanfaat untuk disampaikan kepada pihak tertentu secara cepat, tepat, dan akurat melalui teknologi informasi. Kira – kira seperti itulah garis besar pengertian Sistem Informasi. Supaya lebih "mudeng" apa bedanya dengan jurusan lain, mari kita telaah lebih lanjut.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bidang perkomputeran (computing) mempunyai banyak penjurusan. Di Indonesia, penjurusan ini sudah mengacu dan mengadaptasi Computing Curricula, panduan kurikulum bidang komputer (computing), yang diterbitkan secara bersama oleh ACM (the Association for Computing Machinery), AIS (the Association for Information System) dan IEEE-CS (the IEEE Computer Society). Computing Curricula sebenarnya membagi bidang komputer itu sendiri menjadi 5 jurusan berdasarkan bobot pembelajarannya, yaitu : Computer Engineering (CE, Sistem Komputer atau Teknik Komputer), Computer Science (CS, Teknik Informatika atau Ilmu Komputer), Information Systems (IS, Sistem Informasi), Information Technology (IT, Teknologi Informasi), Software Engineering (SE, Rekayasa Perangkat Lunak). Namun Indonesia sendiri mempunyai kurikulum yang sedikit "berbeda" dengan Computing Curricula itu. Acuan tersebut adalah:

1. Computer Science (CS) untuk program studi (jurusan) Teknik Informatika atau Ilmu Komputer. Lulusan jurusan ini difokuskan agar mempunyai kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.

2. Computer Engineering (CE) untuk program studi (jurusan) Sistem Komputer atau Teknik Komputer. Jurusan ini menitikberatkan pada desain dan pengimplementasian sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware .

3. Information System (IS) untuk Sistem Informasi atau Manajemen Informatika. Lulusan jurusan ini nantinya diharapkan mampu menganalisa kebutuhan (requirement) dan proses bisnis (business process), serta mendesain sistem berdasarkan tujuan dari organisasi.


Jika digambarkan dengan grafik, pembobotan mata kuliah dan dan perbedaan jurusan2 tersebut akan tampak seperti ini:


Jadi, disini sudah terlihat perbedaan jurusan - jurusan perkomputeran tersebut.

Referensi:
http://mbro.belajar.net/2005/01/01/kuliah-yang-menyenangkan/
http://romisatriawahono.net/2007/08/03/tips-dan-trik-memilih-jurusan-komputer/

0 komentar: